Jumat, 07 September 2018

Tips menjaga kesehatan bagi pekerja pabrik dan shift malam

Assalamu'alaikum gengss..⇑😄
Balik lagi bareng mimin nih.. Kali ini mimin mau bahas tentang kiat-kiat menjaga kesehatan bagi pekerja pabrik dan pekerja shift malam. Mengapa harus artikel seperti ini?

Well, because of health is most important in our life.  ya, kalau sakit kan repot yak?? apalagi buat mereka yang pengen jadi karyawan tetap di perusahaan yang diimpikannya. Biasanya perusahaan/ PT/ pabrik seperti itu,mencari karyawan yang rajin, masuk terus, bagus presensinya dan pastinya ga sakit-sakitan. Hal ini untuk menjaga produktivitas saat bekerja.

Seperti kita ketahui, pabrik di indonesia kebanyakan karyawannya harus berdiri selama 7-8 jam setiap harinya, belum lagi jika ditambah lembur. Nah buat kamu yang sering lembur nih, bagi-bagi dumss :)
Eiitss, lemburan banyak, uang tambahan banyak harus ekstra juga dong jaga fisiknya. Jangan sampai uang lemburan malah habis buat berobat. Yang seharusnya bisa ditabung yakk. Selain harus merasakan lelahnya bekerja kamu juga harus merasakan pedihnya kerinduan :( jadi bener-bener harus menjaga kesehatannya yaa. Beberapa masalah yang mungkin dihadapi oleh pekerja shift adalah perubahan nafsu makan, masalah tidur, berat badan turun atau naik, konstipasi atau sembelit, diare, perut sering bergas, gangguan pencernaan, heartburn (rasa panas atau terbakar pada perut bagian atas) dan tekanan darah tinggi.

let's moving on the tips, are you ready? tips menjaga kesehatan pekerja pabrik dan shift malam

1. Nutrisi yang cukup. Makan makanan yang bernutrisi, tiga kali sehari dan harus seimbang. kan mereka yang setiap hari berdiri, kurangi banyak-banyak makan gorengan, makanan berminyak karena dapat menyebabkan penumpukan kolesterol. Justru harus perbanyak makan buah-buahan, seperti apel, alpukat, pir, anggur yang bisa menurunkan kolesterol dan meperlancar peredaran darah. Sayuran jangan lupa, agar tidak terjadi varises di kaki.

Untuk pekerja shift malam juga harus makan 3x. Diibaratkan saja malam sebelum berangkat bekerja itu adalah sarapan, nanti ketika istirahat adalah makan siang, dan ketika pulang adalah makan malam kita. Jangan tidur dalam posisi perut kosong, ketika kamu lelah bekerja dan ga ada nutrisi yang bisa diserap tubuh maka bisa menyebabkan penyakit-penyakit seperti maag, loyo bahkan tipus.

Oh iya, mimin dulu saat kerja di pabrik suka meminum suplemen alami, yaitu madu. yup MADU. efeknya beda sekali. Waktu itu ada sekitar setahun kurang mimin rutin minum sesendok madu sehabis makan, nah ketika itu mimin benar-benar ngerasa sehat. Pun kalau sakit pasti sembuhnya sebentar. Sedangkan akhir-akhir ini jarang minum madu, pilek dan batuk saja sembuhnya lama. Btw jarang minum minum madu karena disemutin terus madunya, jadi males mau beli lagi, padahal udah kututup rapet loo :(

2. Lakukan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat-berat. cukup melakukan pemanasan setiap sebelum berangkat bekerja, jogging saat sedang libur, bersepeda, futsal dan olahraga lainnya. Pastinya sesuaikan jadwal masing-masing ya..

3. Ini pekerjaan mimin sepulang dari bekerja 8 tahun lamanya btw, mimin biasanya tiduran dengan kaki diatas disandarkan di tembok. Ini untuk tujuan sama seperti no 1, agar mengurangi efek varises, karena seharian full pembuluh darah vena di betis ditekan bobot tubuh.

4. Liburannnn.. Pasti udah tahu dong, ini favorit mimin juga hihihi. yup ga bisa dipungkiri pikiran yang jenuh juga butuh diistirahatkan dan disegarkan kembali. Apalagi pikiran kotor, nggak boleh itu ya, bisa bikin sakit kalau banyak pikiran tahuu..

5. Perbanyak minum air putih. Banyak cairan yang terdihidrasi ketika bekerja harus diimbangi dengan minu air putih yang cukup. Apalagi ketika sebelum tidur dan bangun tidur untuk menetralisir racun dalam tubuh kita.

6. Perhatikan kopi, rokok. Hindari minum kopi terlalu banyak karena kamu mengantuk. Jika terlalu banyak dan sering bisa mengganggu pola tidur. Bahkan mimin pernah susah tidur hampir 2 harii.
Juga jika bisa hindari merokok, bagaimanapun merokok itu memiliki banyak sekali dampak yang buruk bagi tubuh. Jika kita baca slogan ini pasti semuanya setuju "lebih baik mencegah sebelum terlambat". Tapi pada nyatanya jika berbicara penyakit akibat rokok banyak yang menepis menah-mentah apa yang diyakini. Jangan biarkan apa yang disukai merusak apa yang lebih berharga. setuju gengs?? Mimin share begini ga ada niatan lain ya, selain mimin juga sayang kepada kamu semuanya termasuk diri mimin sendiri dan si diaaa :') :')

Mungkin itu saja dari mimin kali ini, semangat untuk hidup sehat ya..  bye bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar